Senin, 30 Desember 2013

Sistem Kerja "Pemanas Air" Gas dan Cara Menggunakannya

Selamat bertemu kembali di blog yang sederhana ini, semoga hari ini lebih baik dari hari kemarin sehingga semua aktivitas yang kita kerjakan berjalan dengan lancar dan sesuai dengan apa yang kita harapkan. Aamiin

Setelah sebelumnya saya membahas mengenai "Memasang sendiri Pemanas Air" pada postingan kali ini saya akan sedikit memberikan gambaran mengenai cara kerja atau sistem kerja pemanas air gas.

Pembahasan akan dibatasi untuk jenis pemanas air gas merk Paloma PH 5 RX. Supaya nggak bertele-tele kita mulai sajah ...Okeh !! (maklum orang sunda)

Saya menganggap atau istilah keren nya ber-asumsi bahwa mesin pemanas air gas sudah terpasang dengan baik beserta saluran/pipa airnya.

Sistem kerja pemanas air gas adalah sebagai berikut:

  • Ketika kran air dibuka (saluran air panas) maka mesin pemanas air secara otomatis akan menyala. Hal ini dikarenakan didalam mesin pemanas air tersebut terdapat sensor yang mendeteksi ketika ada aliran air masuk sehingga secara otomatis akan menyalakan mesin pemanas air, akan tetapi air belum dipanaskan karena tungku dalam mesin pemanas air belum dinyalakan. (tidak otomatis menyala)
  • Untuk menyalakan pemanas air, tekan tombol pengatur suhu (tombol bulat besar) kemudian atur suhu sesuai dengan keinginan (hangat atau panas)
  • Ketika tombol pengatur suhu ditekan (sampai bunyi klik) saluran gas elpiji 3 kg akan terbuka dan pemantik api (baterai) mulai berfungsi  sehingga secara otomatis tungku didalam mesin pemanas air pun menyala untuk memanaskan air. 
  • Untuk mengatur asupan gas elpiji 3 kg, atur tuas yang berada dibawah tombol besar ke kiri atau ke kanan (min atau max). 
  • Waktu yang dibutuhkan untuk memanaskan air tidak lama, paling sekitar 4 atau 5 detik setelah itu air panas langsung bisa anda nikmati (asyiiiiik)


Cara menggunakan pemanas air gas adalah sebagai berikut:

  • Buka kran air panas/hangat
  • Nyalakan tungku pemanas air gas dengan menekan tombol bulat pengatur suhu sampai terdengar bunyi klik
  • Atur suhu air panas dengan memutar tombol pengatur suhu, searah jarum jam untuk mendapatkan air panas dan berlawanan arah jarum jam untuk mendapatkan air hangat.
  • Jika sudah selesai menggunakan pemanas air (sudah mandi) pastikan kran air panas ditutup. Ketika kran air panas ditutup maka mesin secara otomatis akan mati akan tetapi aliran gas masih menyala. Untuk menghentikan aliran gas, maka tekan kembali tombol pengatur suhu sampai terdengar bunyi klik (tombol pengatur suhu ini berfungsi sebagai tombol On/Off nya aliran gas ke tungku pemanas air)


Demikian sistem kerja pemanas air gas dan cara menggunakannya, jika ada masukan, kritik atau pun saran dipersilahkan.

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan ini, semoga bermanfaat.

103 komentar:

  1. Saya bru beli paloma pematik nya tidak mau menyala. Sebenarnya cara kerja pematik d paloma ini bagaimana? Apa pas tombol d buka pematik langsung nyala atau aliran air d buka baru pematik menyala.

    Kondisi air tekanan sedang pake torn. Apa karena tekanan air nya kurang yg menyebabkan pematiknya tidak dapat berfungsi.

    Bagaimana cara mengoperasikan water heater ini?

    Mohon bantuan nya terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika berkenan sy minta kontak bpk ceng bahar di nomor 087821765987 terimakasih :)

      Hapus
    2. Pak Nizar, permasalahan ini pernah saya alami juga.. berikut penjelasan yang bisa saya sampaikan, semoga bisa membantu:

      1. Sistem pemanas air gas bekerja pada saat ada aliran air masuk kedalam mesin, secara otomatis microprocessor yang ada didalam mesin tersebut bekerja (untuk membuktikannya, tempelkan telinga kita ke mesin pada saat menyalakan keran air, akan terdengar bunyi klik dan sedikit bergetar)
      2. Untuk menyalakan pemantik kita diharuskan menekan tombol bulat pengatur suhu, sebelum menekan tombol tersebut putar pengatur suhu dan pastikan level pengatur suhu tersebut pada level tengah (nomor 2 atau 3). Jika aliran air dari torn terasa kecil/lemah pastikan level pengatur suhu pada kondisi maksimum (hot).
      3. Pastikan baterai sudah terpasang dengan benar, jika baterai sudah dalam posisi benar maka ketika kita menekan tombol pengatur suhu untuk menyalakan pemantik api akan terdengar bunyi dan ada percikan api didalam mesin pemanas air (seperti pada kompor gas yang pemantiknya menggunakan baterai)
      4. Pastikan selang gas dan regulator sudah terpasang dengan benar tanpa ada kebocoran gas, karena jika ada aliran gas yang bocor, mesin pemanas air ini tidak akan menyala

      Bapak bisa menghubungi saya di 082121885122 (mohon sms dulu sebelumnya)

      Terima kasih, semoga bisa membantu

      Hapus
    3. Terimakasih saya coba tips nya..

      Hapus
    4. Coba tambahin dikit,
      Copot selang gas dr regulator, lalu:
      -cek selang gas, tidak tersumbat/kemasukan air,
      -cek regulator gas: bola besi penahan laju gas, harus bisa bergerak lancar/tidak macet, lalu dr pipa yg mengarah ke selang gas, coba ditiup perlahan, bila mampat, ganti regulator, bila bisa mengalir, pasangkan kembali regulator ke selang.
      Pengalaman pribadi, regulator baru, ternyata mampat, setelah sy ganti dg yg bisa mengalir, pemanas pun bisa berfungsi.
      Semoga berhasil

      Hapus
  2. Sama-sama Pak Nizar. Semoga berhasil

    BalasHapus
  3. pemanas saya sulit nyala karena tekan air yang rendah... bisakah dirubah/diseting sensor airnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Marto, sepertinya untuk mengubah setingan sensor tidak bisa karena mesin tersebut sudah di desain sedemikian rupa dengan minimum tekanan air yang sudah ditentukan. Jika permasalahannya tekanan air yang rendah Bapak mungkin bisa menggunakan cara sebagai berikut:
      1. Pastikan posisi level suhu pada Warm (bukan hot) level 1 atau 2 (karena pada level ini air yang mengalir melalui mesin pemanas cukup besar sehingga mesin pemantik bisa dinyalakan
      2. Mengalirkan air langsung dari mesin pompa air ke mesin pemanas (selain mengalirkan air ke penampungan air/torn)

      semoga berhasil

      Hapus
    2. Assalamualaikum, pa mohon bantuannya, saya pkai merk niko, baru pakai sudah saya setting smua tombol tp gak nyala?? Gimna solusinya pa,

      Hapus
  4. Akhirnya saya mutuskan untuk menjual waterheater paloma karena tidak memungkinkan untuk tambahan mesin pendorong karena menjadi ribet dan dua biaya gas dan listrik untuk mesin pompa nya, skrg saya sudah memasang WH merk modena gas 6ltr low pressure sekali pasang langsung jalan cuma memang settingan volume air d mesin modena juga harus d level paling rendah untuk menyalakan pematik nya setelah pematik nyala volume air bisa d tambah biar lebih deras dr shower nya dan api tetap menyala dengan baik mungkin karena pengaruh tekanan air yg kurang posisi torn dengan mesin WH terlalu dekat jadi tekanan air kurang deras tp over all saya bisa mandi air panas tanpa kendala, menjadi belajar untuk memilih mesin WH gas yg cocok dengan kondisi air d rumah terimakasih ceng bahar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Pak Nizar, semoga mesin Pemanas air yang baru lebih awet dan bagus. Sy juga akan melakukan hal yang sama dengan Pak Nizar, tapi sejauh ini mesin WH saya baik-baik saja he..he..

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Pak Saya baru beli WH gas .. cuma belum di pasang.... yg ingin saya tanyakan berapa maksimal selang gas dari unit ke tabung... apa merek selang yang bagus, kuat tahan dari gigitan tikus...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksimal panjang selang gas dr WH ke tabung 4 meter agar gas bisa mengalir maksimal, kalo selang sendiri bisa beli d matrial yg kualitas bagus bukan selang untuk kompor gas lebih bagus lagi selang tsb d tanam untuk menghindari gigitan tikus pak yudhi...

      Hapus
  7. Apakah gas juga otomatis mati apabila api tiba2 mati karena tekanan air berkurang? Demi keamanan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya setiap mesin WH model gas mempunyai sistem pengaman jika aliran air mati pak johan bisa cek d spesifikasi mesin WH yg bapak beli kalo boleh tau pak johan pake mesin WH merk dan model apa?

      Hapus
  8. Oiya, saya pakai paloma ph 5 rx (m).
    Jika api yang keluar agak merah apakah normal. Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Johan, saya sedikit menambahkan jawaban dari Pak Mochamad Nizar, betul sekali bahwasanya mesin pemanas air akan mati secara otomatis apabila aliran air (tekanan) air kurang/kecil. selain itu apabila terjadi kebocoran gas mesin pemanas juga akan secara otomatis mati. (untuk lebih jelasnya bisa di cek pada buku manual)

      Mengenai nyala api yang agak merah itu hal yang normal, penyebabnya adalah tungku pada mesin pemanas air kotor. secara umum itu hal yang normal dan Insya Allah aman.

      Sekian tambahan komentar dari saya.

      Semoga bermanfaat

      Hapus
  9. msh repot y pk pemantik
    kirain jmn skrg puter kran lgs nyala/mati apinya
    ada gak yg spt itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. WATER HEATER NIKO SUPER HEMAT SUPER HANGAT SUPER DERASNYA. TRED IN WATER HEATER LAMA DENGAN PRODUK DALAM NEGERI. GARANSI 2 TAHUN DENGAN DUKUNGAN SPARE PART YANG LIVE TIME.
      AYUTIRTA WATER HEATER SEMARANG
      Jl. Merbau Raya No. 275,
      Perum Banyumanik Semarang
      Telp. 081226290577
      BB. 54736c6e
      http://www.ayutirtawaterheater.com/

      Hapus
    2. Anonin## Betul mesin itu akan otomatis on atau off lewat buka tutup kran saja. Setelah distel awal Gk perlu putar2 stel lagi 👍👍

      Hapus
  10. sampurasun ceng bahar.. di wh paloma ada saluran pembuangan, fungsinya apa? bisa dibuka? dan bgmn caranya. nuhun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kang Dadan, Hapunten pisan saya tidak mengetahui pasti tentang saluran pembuangan, mungkin bisa dilihat pada buku manual/spesifikasi. Saya belum pernah membukanya.

      Hapus
  11. Saya ingi share masalah2 yang sering muncul pada waterheater gas. Pada umumnya cara kerja waterheater gas sama tetapi banyak masalah yang muncul sehingga kadang api tidak menyala....cek :

    1.menggunakan regulator tekanan rendah karena regulator ada yg bertekanan tinggi dan ada yg tekanan rendah (apabila menggunakan gas blue gas sudah support karena menggunakan regulatot tekanan rendah dan ada tombol pressurenya untuk menekan gas kesaluran waterheater.
    umumnya pematik waterheater tidak menyala apabila menggunakan regulator dengan tekanan tinggi karena apabila gasbocor atau supplai gas terlalu banyak otomatis waterheater akan mati.
    2.cek sambungan slang dr regulator ke waterheater dan pastikan tidak bocor kedua ujung slang atau sambungan dipasang klem
    3.pasang slang jangan terlalu panjang.
    4.pukul dikit2 dalam regulator yang terdapat pelor agar bisa memacu supplai gas ke waterheater
    5.cek baterai di waterheater
    ini masalah sudah saya buktikan....tukang servis sekalipun tidak bisa mengatasi hanyala masalah sepele

    BalasHapus
  12. saya punya WH merek wasser gak nyala setiap ganti tabung krn habis ya... mohon pencerahan terimakasih....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya dulu juga mengalami hal seperti itu. Setelah diskusi dgn teknisi WH, saya disarankan utk membuka bag. ujung regulator gas yg diklem dgn selang. Di dalam regulator tsb gotri/pelor nya dikeluarkan saja (dibuang) karena inilah biang keladi WH sering tdk menyala setelah ganti tabung gas baru. Gotri/pelor ini sebetulnya hanya sbg pengaman apabila regulatornya dipakai utk kompor di dapur. Tapi utk WH tdk diperlukan sebab di dlm mesin WH sdh ada pengamannya dari pabrik. Semoga membantu.

      Hapus
  13. salam... mau tanya mas, WH sya merk frizone. pertama beli lancar banget. skrg sdh hampir setengah tahun. skrg setiap air dinyalakan, pemantik bunyi. ttp gas tk mau keluar. selang gas OK. kr sdh sy gonta ganti dgn kompor. baterai OK. dorongan air dari dulu pake pompa air.. tombol knop sdh diputar puter low high, dst. winter summer juga sdh digont ganti. masalahnya knp gas sy tdk mau menyala. makasih jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. lepas regulator dahulu lalu agan nyalakan lagi... yang perlu diperhatikan setelah bnyi pematik "tik tik tik " pada posisi normal akan di ikuti suara "tuk" yg agak keras.bila posisi demikian suara tidak muncul berarti ada kerusakan bagian kontrol pematik anda. bila anda wilayah semarang sekitarnya bisa beli spare part ditempat saya harga 60% lebih murah dibanding di service centernya.tks
      salam kenal
      http://dnsteknik.blogspot.com/

      Hapus
    2. Saya dulu juga mengalami hal seperti itu. Setelah diskusi dgn teknisi WH, saya disarankan utk membuka bag. ujung regulator gas yg diklem dgn selang. Di dalam regulator tsb gotri/pelor nya dikeluarkan saja (dibuang) karena inilah biang keladi WH sering tdk menyala setelah ganti tabung gas baru. Gotri/pelor ini sebetulnya hanya sbg pengaman apabila regulatornya dipakai utk kompor di dapur. Tapi utk WH tdk diperlukan sebab di dlm mesin WH sdh ada pengamannya dari pabrik. Semoga membantu.

      Hapus
  14. Saya punya WH merk Paloma, setelah kehhbsan gas tidak mau nyala apinya. Semua sdh saya cek dalam kondisi yg bagus, baterai sdh saya ganti baru. waktu kran air panas d buka mesin bunyi tik..tik..tik.. tapi api tidak nyala. Saya perhatikan koq tidak ada percikan api padahal dulu ada. Kira2 apanya yg rusak ? Mohon pencerahannya.. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan selenoidnya bermasalah karena untuk wateer heater paloma memiliki katub selenoid ganda yang saling mendorong bila salah satu tidak bekerja maka sudah dipastikan aliran gas juga tidak mengalir.
      http://dnsteknik.blogspot.com/

      Hapus
  15. Semua agan…bapak2… ibu2…yg mo konsultasi masalah water heater dari yg pake gas/ elpiji, elektrik, tenaga surya, heat pump. Bisa invite ane 7d2d1f1b …jangan malu malu tanya. saya juga menyediakan water heater segala merk,spare part, service,dan jasa pemasangan. bagi yg punya water heater tak terpakai atau rusak kalo mau trad in dgn yg baru dapet potongan juga loh agan2… silahkan sms 08986559266 atau call juga boleh… bagi wilayah semarang sekitarnya pengiriman free.tks semua…
    salam kenal semua
    http://dnsteknik.blogspot.com/

    BalasHapus
  16. Mas sy punya wh merk wasser. Nyala apinya merah dan Tiap kali dihidupkan td lama mati sendiri. Pdhal baterai baru, tekanan air besar, Mhon petunjuk solusinya trims

    BalasHapus
  17. dengan mengetahui cara kerja pemanas air gas, semoga tidak ada lagi kerusakan water heater hanya karena hal sepele oleh penggunanya. salam dari Ariston Indonesia.

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. Mas... Water heater paloma pake regulator tekanan tinggi atau rendah?

    BalasHapus
  20. Mas... Water heater paloma pake regulator tekanan tinggi atau rendah?

    BalasHapus
  21. Mas... Water heater paloma pake regulator tekanan tinggi atau rendah?

    BalasHapus
  22. Mas... Water heater paloma pake regulator tekanan tinggi atau rendah?

    BalasHapus
  23. Mas... Water heater paloma pake regulator tekanan tinggi atau rendah?

    BalasHapus
  24. Mas... Water heater paloma pake regulator tekanan tinggi atau rendah?

    BalasHapus
  25. Mas... Paloma pake regulator tekanan tinggi atau rendah..

    BalasHapus
  26. Mas... Paloma pake regulator tekanan tinggi atau rendah..

    BalasHapus
  27. saya baru saja memasang WH modena GI 6 V. baterai sudah sesuai +- nya, tapi indikator batrei tidak menyala. setiap kran dibuka, bunyi tik..tik..tik.. tapi api tidak menyala. kira2 kenapa ya itu? mohon dibantu solusinya, thanks

    BalasHapus
  28. ini hanya berlaku untuk pemanas air gas saja atau bisa juga untuk water heater listrik dan matahari pak?

    BalasHapus
  29. Saya baru saja memasang water heater merek paloma.api dapat menyala dengan baik di tekanan air yang rendah.tetapi yang ingin saya tanyakan kenapa ketika setiap saya membuka keran lain,ada bunyi seperti klotak2 diseputaran baterai(bukan suara pematik).apa ini normal?trima kasih

    BalasHapus
  30. maunayak ni....
    pompa dorong(PD) sy kok spertinya daya dorongnya ngk maksimal...padahal jarak antar sower dn (PD) krg dr 3 meter...
    tp nyatanya daya dorong perbandingan pakek (PD) dn tanpa (PD) hnya selisih 10-15cm daya jarak dorong....apa mmg hnya sgtu perbandingan antar pakek pompa dorong dn tdk atau kah cara pasang ada yg salah.
    ...perlu dikethui sy pakek wasser WH506A dan pompa dorong (PD) pakek wasser PB60EA dan sblum menggunakan pompa dorong WH berjalan normal hnya pingin tekanan/dorongan air lbh kencang krn itu disarankan ksik tambahan (PD). trimks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek pemasangan pompa. Jangan2 salah in atau out nya air.

      Hapus
    2. Cek pemasangan pompa. Jangan2 salah in atau out nya air.

      Hapus
    3. @Yusril Maula: pompa wasser emg gak recommended banget utk dipakai di wh gas. Saya juga mengalami hal yang sama dengan anda, dan kapok beli booster lagi. Sekarang saya pakai pompa biasa merk panasonic yg otomatis. Wh saya berjalan normal tanpa kendala.
      Satu lagi, usahakan dari pompa booster jangan lagi pakai pipa, tapi langsung sambungkan ke wh dengan kabel fleksibel. Semakin panjang pipa dab semakin banyak belokan2nya, tekanannya semakin berkurang.
      Semoga membantu

      Hapus
  31. Bagaimana cara membuat sendiri mesin pemanas air di rumah.Tks

    BalasHapus
  32. Pas lg ntn tiba2 ada suara gemparan yg lumayan besar saya kira ttngga sebelah lg cuci baju dan lg ngeringin baju eh kyk dr water heater ,, langsung saya cabut gas nya langsung mati .. ngeri meledak saya pakai water heater modena yg gas itu kenapa bgtu yak sy takut bgt bunyinya sampai terdengar ke ttngga sebelah.

    BalasHapus
  33. saya barusan pasang polama water heater air buka dan posisi api akan nyala selama 5-6 detik lalu api mati lago tp air tetap nyala, ada yg tau dimana letak masalahnya terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asupan gas gk lancar. Cek regulagor, slang, tekanan air mncukupi, dan batrrey

      Hapus
    2. Asupan gas gk lancar. Cek regulagor, slang, tekanan air mncukupi, dan batrrey

      Hapus
  34. saya barusan pasang polama water heater air buka dan posisi api akan nyala selama 5-6 detik lalu api mati lago tp air tetap nyala, ada yg tau dimana letak masalahnya terima kasih

    BalasHapus
  35. Saya memakai pemanas air gas merk wasser sudah sekitar satu tahun setengah. saat dialirkan airnya sebelum hidup apinya pada alat pemanas ada ledakan kecil. apa masalahnya ya... tks sebelumnya.

    BalasHapus
  36. Apa penyebab pemantik api Paloma tidak bunyi tiktik..? pdh baterei baru, gas penuh, selang tak ada bocor, tekanan air kuat

    BalasHapus
  37. Sy hanya sekedar share, buat yg punya merek WH Paloma, dari pengalaman pribadi sy beli WH Paloma, setelah instalasi selesai, terus di sambungkan ke WH saya pikir langsung jalan, suply air dingin (pakai torn), sy berasumsi mungkin baterainya yg include dr pembelian sdh lama atau lemah, ahirnya sy beli baterai baru, setelah di pasang tetap WH api tdk mau nyala, walaupun dlm keadaan level 1 sampai ke Hot, ahirnya sy berpikir utk menghubungi servis center, konsultasi di sarankan jalur air dingin pakai pompa langsung jgn pakai torn..ahirnya sy mencobanya dan benar saja WH Langsung nyala, ky kompor dan saya cek aliran air panas ternyata panas banget...ternyata dari pengalaman sy airnya harus di pastikan daya dorongnya memang benar2 kuat..high pressure, maka WH Langsung nyala...semoga ini bisa membantu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf mau tanya pa..kolau pompa dorongnya pakai pompa sumur dangka atau booster..trs pakai yg berapa watt...hal tersebut terjadi pada saya..saya menggunakan pompa sumur dangka merk sanyo 75watt..tapi wh nya tdk menyala...mohon informasinya terima kasih

      Hapus
    2. Maaf mau tanya pa..kolau pompa dorongnya pakai pompa sumur dangka atau booster..trs pakai yg berapa watt...hal tersebut terjadi pada saya..saya menggunakan pompa sumur dangka merk sanyo 75watt..tapi wh nya tdk menyala...mohon informasinya terima kasih

      Hapus
  38. Gan Mau nanya saya punya WH Merk Belano, usianya sudah 3 tahun. permasalahannya setiap kali dinyalakan kran airnya api nyala hanya 2 detik kemudian mati, dinayalakan lagi nyala kemudian mati sampai yang ke empat kali (4X) baru bisa lancar. Mohon saran untuk mengatasinya. TK

    BalasHapus
  39. Kang bahar,..saya punya wh merk paloma dan menggunakan pompa sumur dangkal merk sanyo 75watt, tetapi wh nya tdk berjalan/ tdk menyala..terkadang terdengar suara tik tik tik...batre dan selang gas sudah saya cek dan kelihatannya tidak ada masalah...apakah pompa dorong sebesar 75watt tidak cukup kuat untuk memberikan tekanan pada wh? Dan jika harus diganti sebaiknya mengggunakan booster atau pompa ait dangkal yg lebih besar?, jika memggunakan pompa sumur dangkal yg berapa watt sehingga memberikan tekanan yangbcukup untuk menghidupkan wh...terima kasih..

    BalasHapus
  40. Kang bahar,..saya punya wh merk paloma dan menggunakan pompa sumur dangkal merk sanyo 75watt, tetapi wh nya tdk berjalan/ tdk menyala..terkadang terdengar suara tik tik tik...batre dan selang gas sudah saya cek dan kelihatannya tidak ada masalah...apakah pompa dorong sebesar 75watt tidak cukup kuat untuk memberikan tekanan pada wh? Dan jika harus diganti sebaiknya mengggunakan booster atau pompa ait dangkal yg lebih besar?, jika memggunakan pompa sumur dangkal yg berapa watt sehingga memberikan tekanan yangbcukup untuk menghidupkan wh...terima kasih..

    BalasHapus
  41. Kang bahar. Mohon bimbingannya. Saya mengg. Waser 506A sdh 1 th. Sekarang gak mau nyala. Gas oke, tekanan air oke. Pematik 2 tapi nyala satu. Klo saya amati saat air dibuka pematik nyala 1 gas gak keluar dari pemanas. Valve saya test pakai batery juga bunyi klik. Biasanya klo dihidupkan airnya, pematik menyala trus bunyi takk baru api menyala. Skrg gak bunyi takk, aoi gak nyala. Bagaimana ya?

    BalasHapus
  42. Maaf gan mau tanya, saya pake wh merk wasser, 3 hari ini koq nyala apinya jadi merah ya setelah ganti lpg. Bagaimana cara mengatasi nya? Terimakasih

    BalasHapus
  43. Maaf gan mau tanya, saya pake wh merk wasser, 3 hari ini koq nyala apinya jadi merah ya setelah ganti lpg. Bagaimana cara mengatasi nya? Terimakasih

    BalasHapus
  44. WH paloma nyala api merah berkobar tapi air kadang panas kadang tidak padahal setelan gas dan setelan warm hot sudah maksimal. Kenapa ya ?

    BalasHapus
  45. saya baru beli WH MODENA LOW PRESSURE tapi setelah dipasang airnya nyala terus mati masalah tekanan air sdh saya coba pakai pompa boster tapi masalah tetep saja nyala terus mati, ini apa ya penyebabnya? mohon pencerannya

    BalasHapus
  46. Ceng Bahar..
    Tlg masukan dong
    Paloma gas dgn wasser booster 60w
    Saat kan buka full api hidup.
    Tp saat pindah ke shower lgsg mati apinya..
    Gmn ya..?
    Pls helm dong

    BalasHapus
  47. Selamat siang pak.. saya ada trouble dengan paloma water heaternya,, saat keran air panas dinyalakan air tidak mengalir.. keran tidak keluar air dan water heater tidak menyala.. knapa yah pak masalahnya. apakah paloma water heater memakai baterai apa listrik ?

    BalasHapus
  48. Mas misalkan microswicthnya saya ganti dengan flow swicth bisa gak ya..soale heater saya merek modena microswicthnya pas kran dibuka .tuasnya tdk menekan microswicth.jdnya tidak bisa nyala.tolong ys

    BalasHapus
  49. Sampurasun ceng bahar,,wh sya ada kendala mau minta solusinyaaa heheheee...merck wh sya paloma ph-5tfe kendalanya gas ga mau keluar pdahal baru regulator baru selang baru plus wh nyaa juga baru tapi ga mau nyala tungku pemanasnya pdahal pemantik normal ada bunyi 'tik tik tik'nya,,,kira' apanya yaaaa agan ceng bahar???hatur nuhun pisaaaaaaannn

    BalasHapus
  50. Sampurasun ceng bahar,,wh sya ada kendala mau minta solusinyaaa heheheee...merck wh sya paloma ph-5tfe kendalanya gas ga mau keluar pdahal baru regulator baru selang baru plus wh nyaa juga baru tapi ga mau nyala tungku pemanasnya pdahal pemantik normal ada bunyi 'tik tik tik'nya,,,kira' apanya yaaaa agan ceng bahar???hatur nuhun pisaaaaaaannn

    BalasHapus
  51. Sampurasun ceng bahar,,wh sya ada kendala mau minta solusinyaaa heheheee...merck wh sya paloma ph-5tfe kendalanya gas ga mau keluar pdahal baru regulator baru selang baru plus wh nyaa juga baru tapi ga mau nyala tungku pemanasnya pdahal pemantik normal ada bunyi 'tik tik tik'nya,,,kira' apanya yaaaa agan ceng bahar???hatur nuhun pisaaaaaaannn

    BalasHapus
    Balasan
    1. sy bantu jawab ya.. heheheh.. coba bpk kurnia lepas regulator pd tabung gas, lepas juga selang yg masuk pd water heater,kemudian pasang kembali regulator pd tabung gas,kemudian ujung selang gas yg ke water heater ditutup pake jempol bpk,sesekali lepas jempol bpk untuk mengetahui apa ada gas yg keluar dari selang,jika ada gas yg keluar segera pasang ke inlet gas pada WH kencangkan pengunci slang gas...( teknik buang gas...hehehee)

      Hapus
  52. Selamat malam bapak. WH saya merk midea, model gas lpg, sudah terpasang baik.. Masalahnya sekarang begitu kran air di buka. Api pemanas air langsung hidup tapi kemudian api nya mati langsung setelah sekitar 5 detik.
    Mohon bantuan nya ada kendala dimana. Padahal barang baru saya beli
    Dan regulator gas dah di ganti baru. Thanks info nya

    BalasHapus
  53. Mohon petunjuk, saya pasang WH Paloma beberapa hari ini kendala kalau pagi pemain tidak otomatis menyala jika kran dibuka, lampu in dikantor merah menyala terus. Pematik dapat bekerja jika kran kita buka tutup berkali-kali baru setelah itu Pematik bekerja. Mohon petunjuk permasalahan tersebut karena apa. Suwun

    BalasHapus
  54. Saya mau tanya, kenapa water heater saya merk paloma panasnya tidak bisa tahan lama? Padahal water heater dan material pndkung lainnya baru saja dibeli. Terima kasih.

    BalasHapus
  55. Saya mau tanya, saya bru masanh water heater merk niko. Kok panasnya gak bisa ya, airnya adem aja gtu kaya air biasa. Tolong rekan2 yg bisa membantu, tolong kasih saya solusi. Terima kasih

    BalasHapus
  56. Saya mau tanya, saya bru masanh water heater merk niko. Kok panasnya gak bisa ya, airnya adem aja gtu kaya air biasa. Tolong rekan2 yg bisa membantu, tolong kasih saya solusi. Terima kasih

    BalasHapus
  57. Pak ceng bahar saya mau tanya donk.. Water heater modena pakai yg gas. Punya saya supply air yg masuk tekanan nya besar tapi yg keluar kok jadi agak kecil yah? Apakah bisa di setel supaya. Air dari outlet lebih deras? Terima kasih...

    BalasHapus
  58. Maaf pak Fungsi tombol pemutar pada bawah heater sebagai apa? Posisi nya seharusnya gimana..apakah full ke kanan atau ke kiri

    BalasHapus
  59. Ikut sharing, baru punya WH Paloma Ph5RX. Sebelumnya pakai WH lain. Waktu pasang dengan instalasi yang sudah ada, WH tdk menyala saat kran air panas dibuka (tp pematiknya menyala). Setelah cek regulator, selang gas semuanya aman, dan ikuti petunjuk manual masih belum bisa juga. Masalahnya di input gas yg masuk ke mesin WH. Setelah baca disini masalahnya di Knob besar yang bulat tdk ditekan. Setelah ditekan, kran air panas dibuka, api dapat menyala.
    Permasalahan berikutnya adalah, jika buka kran air panas yg jaraknya agak jauh (kamar mandi yg lain) dari WH, WH tidak menyala. Tapi buka kran air panas yg dekat mesin, WH mau menyala normal. Sy rasa bermasalah terkait dengan tekanan air,. Sebelumnya dengan instalasi yang sama mesin yg berbeda (merk lain) bisa menikmati WH..knpa skrg tidak bisa ya?

    BalasHapus
  60. Mau tanya bos..fungsi selenoid waser gas,ketika pemantik hidup selenoid trbuka..trus pas pemantiknya trhenti apakah selenoid ikut kembli trtutup,pdhal switch msih on.apkah itu normal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Punya saya merk modena juga gitu bos mungkin itu normal untuk mencegah gas keluar terus dan sebagai pengaman dari gas bocor

      Hapus
  61. Jika salah pasang inlet dan outlet ternyata kebalik gimana gan? Apa WH jd rusak?

    BalasHapus
  62. Saya pernah mengalami out in nya kebalik tpi mesin tetap saja normal

    BalasHapus
  63. saya pake WH merk FRIZONE lebih dr 5 th dgn tekanan air PAM.. selama itu tidak ada masalah... baru 3 minggu ini saya pasang pompa pendorong supaya air kencang, awalnya lancar... sekarang WH tidak bisa nyala dgn tekanan air tinggi... cuma bisa nyala dgn tekanan air water torn yg kecil... percuma saya beli pompa pendorong.... mohon pencerahannya

    BalasHapus
  64. Mohon pencerahannya Ceng Bahar saya menggunakan wh merk midea tapi belum bisa digunakan mohon panduan penggunakanya.terima kasih

    BalasHapus
  65. Mohon pencerahannya, water heater gas paloma sdh 5th, sekarang pemantik tdk bs bekerja, nattery sdh diganti baru tp msh tdk bekerja. Terimakasih

    BalasHapus
  66. Mohon pencerahan wh wasser posisi tombol warm baik2 saja kalau posisi hot api tidak menyala, kenapa ya????

    BalasHapus
  67. Mau minta solusinya WH SAYA baru beli kenapa pemantiknya saat posisi norm@l tidak menyala y?

    BalasHapus
  68. maaf ingin tanya, apakah jika membuka kran air panas, water heaternya secara otomatis hidup ?? ataukah hidup jika membuka kran suply air (air yang masuk ke water heater) ??
    apakan bisa kran suply air ke water heater di buka terus menerus ??

    BalasHapus
  69. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  70. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  71. Paloma sdh hampir 15 thnan ( sejak th 2003) sekarang ini suka susah nyala apinya sdh ganti tab gas, regulatornya tapi tetap saja kalau ganti gas baru suka ngadat, sekarang ini malah apinya tdk bisa nyala sdh coba ganti tab gas baru, regulator tetap tdk nyala, apakah adaa komponen yg harus diganti, tks

    BalasHapus
  72. Mas, mohon masukkan saya baru pasang WH ariston fast r 5, WH berfungsi tetapi air terlalu panas, walaupun setting gas sudah min dan setting air sudah deras atau yg gambar temp lebih rendah.

    Terima kasih

    BalasHapus
  73. Saya baru membeli WH merk Midea, petunjuk pemasangan sdh saya lakukan dengan benar. Pada saat keran saya hidupkan pemantik hidup normal (bunyi tik tik tik) akan tetapi gas tidak mau keluar. sdh saya coba bolak balik ganti regulator, cabut selang gas akan tetapi tetap tidak mau hidup juga, batere jg saya sdh ganti baru.
    1. Apakah ada kemungkinan dalam kondisi WH br beli valve gas nya rusak?
    2. Apakah tekanan air rendah mempengaruhi valve gas tidak berfungsi? secara klo misalkan tekanan air telalu rendah bukannya pemantik jg tidak menyala seharusnya.

    Mohon yg punya pengalaman utk bisa berbagi tips mengenai hal itu.

    Terimakasih

    BalasHapus
  74. Best Casinos Near Harrah's Casino, Chester, PA
    The Best Casino Near Harrah's Casino, Chester, 경상남도 출장마사지 PA · Hollywood Casino 정읍 출장안마 at Penn National Race Course · 안산 출장마사지 Harrah's Chester · 화성 출장마사지 Casino at Penn National Race Course · Ocean Downs · Mohegan 의정부 출장샵 Sun Casino

    BalasHapus