Minggu, 29 Desember 2013

Memasang sendiri "Pemanas Air"

Pada postingan kali ini, saya akan berbagi pengalaman mengenai cara memasang Pemanas Air (water heater) gas untuk keperluan mandi. Semoga bisa membantu, terutama bagi para pembaca yang sedang membutuhkan informasi mengenai cara memasang Pemanas Air Gas. Yuk ! kita mulai saja...

Memasang pemanas air tidak sesulit yang kita bayangkan, jika dibandingkan dengan mengerjakan soal-soal matematika tentunya lebih sulit mengerjakan soal-soal matematika tersebut he..he..he..

Awalnya saya juga membayangkan bahwa memasang sendiri pemanas air itu pastinya sulit dan memerlukan pengalaman yang cukup, tapi ternyata setelah saya coba ... tidak sesulit yang dibayangkan.

Sebelum masuk ke pembicaraan inti, perlu pembaca semua ketahui bahwa yang akan saya bahas dalam postingan kali ini adalah pemasangan pemanas air gas merk "Paloma PH 5 RX" jika masih ada yang belum tahu bagaimana bentuk dan gambaran real pemanas air merk "Paloma PH 5 RX", berikut gambarnya:





Pemanas air gas "Paloma PH 5 RX" memiliki 4 saluran yang berada dibagian bawah  mesin, yaitu saluran untuk Gas Elpiji, saluran air keluar (air panas), saluran pembuangan, saluran air masuk (air dingin). Untuk lebih jelas-nya bisa dilihat pada gambar berikut untuk ke-4 saluran tersebut.
Setelah melihat bentuk dari "Paloma PH 5 RX" tentunya Anda sudah tidak sabar untuk mengetahui bagaimana cara memasang pemanas air gas "Paloma PH 5 RX" tersebut bukan?

Sebelum mulai pastikan Alat dan bahan berikut ini sudah tersedia.

  • Alat-alat yang harus dipersiapkan: Mesin Bor beserta mata bor-nya, obeng, kunci inggris, selotip, sekrup, visher, gergaji pipa pvc, lem pipa pvc.
  • Bahan-bahan yang harus dipersiapkan: Tabung Gas Elpiji 3 kg, selang plus regulator


Baiklah kita mulai saja langkah demi langkah sebagai berikut:

  1. Buatlah lubang pada dinding dengan mesin bor untuk menyimpan mesin pemanas air gas di lokasi yang sudah anda tentukan. Pastikan lubang yang dibuat sesuai dengan ukuran mesin pemanas air (dibagian belakang mesin pemanas air ada kait untuk menempelkan mesin ke dinding)
  2. Pada lubang-lubang yang sudah di buat tadi, masukan "visher" untuk menguatkan sekrup yang akan dimasukkan pada lubang tersebut
  3. Tempelkan mesin pemanas air pada dinding, pastikan lubang pengait pada mesin pemanas air tepat pada lubang yang telah di buat di dinding, setelah itu kuatkan dengan memasukkan sekrup ke pengait mesin pemanas air dan lubang di dinding, kencangkan dengan obeng dan pastikan mesin pemanas air sudah terpasang dengan kuat.
  4. Sambungkan pipa pvc pada saluran/jalur air masuk (air dingin) dan pastikan tidak ada air yang bocor. Selain itu pastikan aliran air tidak kurang dari 0,2 bar karena jika tekanan/aliran air kecil maka microswitch yang ada didalam mesin pemanas air tidak menyala, alhasil mesin tidak berfungsi. Didalam mesin pemanas air "Paloma PH 5 RX" ada suatu alat/sensor yang mendeteksi air masuk sehingga ketika air masuk/mengalir melalui saluran air masuk tersebut secara otomatis mesin pemanas air menyala.
  5. Sambungkan pipa pvc pada saluran air keluar (air panas), pastikan menggunakan pipa pvc yang tahan air panas karena jika menggunakan pipa pvc biasa maka pipa pvc tersebut akan meleleh. Saluran ini adalah saluran yang dihasilkan dari mesin pemanas air sehingga air yang dihasilkan pun hangat/panas (sesuai dengan setting pengaturan suhu air yang diinginkan). 
  6. Sambungkan selang gas (regulator) ke bagian saluran gas, pastikan selang tersebut sudah terikat dengan kuat (pakai clamp khusus untuk kompor gas). "Jangan dihubungkan dulu dengan tabung gas"
  7. Pastikan semua sambungan tersusun dengan rapi dan tidak bocor untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terutama untuk saluran gas.
  8. Masukkan dua buah baterai kebagian bawah mesin pemanas air, posisinya ada didekat saluran gas (sebelah kiri bawah). Baterai ini berfungsi sebagai pemantik api.
  9. Sambungkan regulator gas ke tabung gas elpiji, pastikan regulator terhubung dengan benar dan tidak ada kebocoran gas. Jika memungkinkan gunakan gas detektor untuk memastikan tidak ada kebocoran gas.
  10. Mesin pemanas air siap untuk digunakan.
Demikian cara-cara untuk memasang pemanas air merk "Paloma PH 5 RX". Mengenai  Sistem/Cara kerja mesin pemanas air akan dibahas pada postingan selanjutnya ...sampai ketemu lagi


64 komentar:

  1. Saya baru membeli Paloma PH 5 RX dan saya coba pasang sendiri dengan cara yang hampir sama dengan yang dilaukan Ceng_Bahar tapi sayang tidak berhasil. Suara pemantik terdengar pada saat kran air dibuka begitu juga ada suara katup terbuka tapi api tidak menyala. Kemudian saya tanyakan ke servis senter paloma, dari pihak servis senter mengatakan kemungkinan gas tidak keluar dari tabung, dan disarankan menggunakan regulator yang tidak otomatis ( tidak ada bola bolanya ). Pertanyaannya apakah memang regulator yang digunakan di water heater Paloma harus yang tidak menggunakan pengaman tersebut? bagaimana kalau terjadi kebocoran gas dan regulator tidak menutup otomatis?

    BalasHapus
  2. Bapak Triyogo, sebelumnya saya mengucapkan terima kasih karena telah berkungjung ke Blog saya. Saya akan coba memberikan penjelasan sebagai berikut:
    1. Saya menyarankan tetap menggunakan regulator yang standar SNI untuk menghindari kebocoran gas. Mengenai kendala gas tidak keluar itu bisa disebabkan oleh beberapa hal diantaranya; selang gas terlalu panjang atau posisinya yang melingkar, saya sarankan selang gas ukurannya tidak terlalu panjang (dipotong sesuai kebutuhan). Selain itu pastikan selang gas dipasang vertikal menuju ke mesin pemanas air. Ketika menyalakan mesin pemanas air coba untuk memukul2 selang gas agar gas mengalir ke atas (ke mesin pemanas air).
    2. Pastikan ketika menyalakan mesin pemanas air posisi level panasnya dipasang pada level 2 (hangat) untuk memastikan aliran air cukup besar mengalir pada mesin pemanas air. Setelah itu pastikan tombol bulat (tombol level panas) di tekan (seperti sakelar on-off) sampai terdengar bunyi klik. Bisa jadi api tidak menyala karena Pak Triyogo belum menekan tombol tersebut. Jika masih belum berhasil Bapak bisa menghubungi saya di nomor 082121885122 supaya bisa saya sampaikan lebih detail.

    BalasHapus
  3. Bapak Ceng_Bahar, saya punya permasalahan hampir sama dengan diatas, namun sebelum saya baca blog ini saya sudah sempat mempraktikkan sebagaimana teori tersebut, namun permasalahannya masih tetap, mesin paloma saya hanya bunyi tiktiktik saja dan tidak ada nyala api, selang regulator juga sudah saya cabut pasang, saya juga sudah menggunakan mesin pompa bosster merk wasser sebagai penambah tekanan air, gas 12 kg baru, regulator merk quantum, batrey baru diganti, kira-kira bagaimana jalan keluarnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelumnya mohon maaf karena saya baru balas, berikut saran/masukan yang bisa saya sampaikan:
      1. Pastikan selang gas tidak terlalu panjang dan posisinya tidak melingkar, karena jika posisi selangnya terlalu panjang dan melingkar maka tekanan gas LPG telat masuk ke mesin pemanas air sehingga respon dari mesin untuk menyalakan tungku tidak terjadi.
      2. Sebelum membuka keran air, pastikan tombol bulat (tombol pengatur suhu) sudah di tekan sehingga posisinya lebih menjorok kedalam (seperti sakelar On/Off) setelah itu baru kran air dibuka.
      3. Pastikan level suhu pada posisi tengah terlebih dahulu (jangan level hot) karena air pada level Hot keluarnya kecil dikhawatirkan tidak memicu mesin pemantik yang berada didalam mesin pemanas air.
      4. Coba atur kait yang berada di bagian bawah mesin untuk mengatur asupan gas (min dan max)
      5. Coba cek kembali pemasangan selang ke mesin (takutnya tertukar antara yang buat selang gas dan selang air)

      Demikian, selamat mencoba dan semoga berhasil

      Hapus
    2. Terima kasih pak, ternyata sebelum saya baca balasan bapak saya sempat berselancar di tempat lain dan mendapat solusi bahwa asupan gas yang bermasalah dan di tempat itu saya dikasi solusi untuk membuka regulator gas dan pasang ulang, alhasil water heater saya pun menyala. Namun kali ini saya mendapat masalah baru lagi pak, maaf sebelumnya saya agak cerewet dan bertanya kembali, tentunya boleh kan?? hehe...
      Begini permasalahnya ; setelah kran air panas saya buka pemanas air langsung menyala dan air hangat pun dapat saya rasakan, akan tetapi hangatnya hanya sebentar lebih kurang 5 detik, selanjutnya air dingin kembali, ini karena pemanas airnya padam, kemudian saya coba tutup kran air dan membukanya kembali air pun mengalir hangat kembali dan kembali setelah 5 detik air dingin kembali, saya coba berkali-kali permasalahan hampir sama datang kembali walaupun terkadang mau menyala terus. Dalam kasus tersebut selama saya menyalakan kran air panas tidak ada kran lain di sekitar rumah yang dinyalakan. Jadi kira-kira apa permasalahannya dan bagaimana solusinya pak?

      Hapus
    3. Kalau melihat kasusnya seperti itu, penyebabnya adalah tungku mesin pemanas air tidak menyala yang disebabkan oleh asupan gas yang kurang atau ada sedikit kebocoran gas, atau karena tekanan gas yang kurang.

      Mesin pemanas air tidak akan menyala apabila terdeteksi oleh mesin tersebut ada kebocoran gas (adapun tadi yang menyala sebentar mungkin sisa2 gas yang masih tersimpan/mengendap pada selang)

      Saran saya sebagai berikut:

      1. Pastikan panjang selang gas tidak terlalu panjang dan tidak melingkar (saya belum dapat informasi dari Bu Juni panjang dan posisi selangnya),
      2. Kencangkan dan periksa kembali clamp pengikat pada selang ke mesin pemanas air
      3. Coba selang gas dipukul2 (pelan2 saja dengan benda yang tidak tajam) agar aliran gas lancar menuju mesin pemanas
      4. Pastikan level suhu pada posisi warm dulu (jangan hot)

      Semoga bisa membantu, saya curiga permasalahannya ada pada jalur selang gas yang tidak bisa mengalirkan gas ke mesin, sehingga tungku mesin pemanas tidak berfungsi maksimal.

      Hapus
    4. Ooohhhhh...begitu, akan saya coba pak. Untuk selang dan regulator yang saya gunakan adalah tandard yang digunakan pada kompor gas karena saya membelinya sudah satu paket, antara tabung dan mesin pemanas posisinya sekitar satu meter diagonal.
      Jika solusi yang bapak berikan tersebut sudah saya praktekkan dan permasalahan demikian masih terjadi, apakah saya perlu membeli regulator yang baru berikut selangnya? atau mungkinkah tekanan airnya yang kurang? terima kasih sebelumnya dan maaf sudah merepotkan hehe...

      Hapus
    5. Silahkan dicoba dulu Bu Juni, semoga berhasil.

      Sebelumnya dikatakan bahwa bu Juni sudah menggunakan pompa booster merk Wasser untuk penambah tekanan, saya pikir jika kondisinya demikian maka permasalahan bukan pada aliran/tekanan air (jika tekanan air kecil maka pemantik tidak akan menyala sama sekali, sementara kemarin2 tungkunya menyala walaupun hanya sebentar)

      saran saya, coba posisi selang dibuat vertikal dari tabung gas ke mesin pemanas, jika sudah berhasil menyalakan tungku mesin pemanas, silahkan diatur kembali posisinya (bisa berbentuk kurva atau arc) yang penting gas dari tabung mengalir dengan lancar ke mesin pemanas.

      Hapus
    6. sudah ganti seal karet yang ada di tabung elpiji? biasanya kalau jelek bisa nyumbat aliran gas

      Hapus
  4. Water heater paloma bisa tidak menggunakan gas alam (natural gas) ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sementara ini yang saya tahu mesin pemanas air tersebut menggunakan gas LPG, saya belum pernah mencoba menggunakan gas alam. Di buku manual tertulis bahwa mesin tersebut hanya cocok dengan menggunakan tabung gas LPG 3 Kg dan 12 Kg. Demikian informasi yang bisa saya sampaikan

      Hapus
  5. 1. Berapa panjang maximal selang gas dari tabung ke main unit.
    2. Dapatkah kita menggunakan pipa ledeng besi (1/2 in or 3/4 in) sebagai media utk pendistribusian gas (di tanam di tembok) di antara tabung dengan main unit kemudian nanti di kedua ujunnya kita gunakan flexible slang gas.

    note : total pajang jalur gas dari tabung ke main unit kurang lebih 6-7 meter.

    BalasHapus
  6. Sayajuga mempunyai masalah yang sama dengan bu juni
    Tapi akan saya coba memperpendek slang gas nya

    BalasHapus
  7. Slang gas nya sudah saya pendekan dan sudah bisa panas kembali tapi permasalahannya panas yg di hasilkan tidak maksimak 36-38derajat saja tidak bisa lebih mohon solusinya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Sukarmo, sebelumnya mohon maaf mengenai level panas yg tidak sesuai dengan keinginan saya belum punya pengalaman mengenai itu, akan tetapi saran saya coba di cek kembali apakah level switch nya sudah di setel ke maksimal?

      Hapus
  8. bila di setel maksimal maka pemantik tidak mau hidup
    makanya saya setel yang tengah tengah saja

    BalasHapus
  9. Bapak Ceng Bahar Yth.
    Sebenarnya berapa jarak antara water heater dengan torn air untuk mendapatkan tekanan air 0.2 bar?

    BalasHapus
  10. Bapak Ceng Bahar Yth.
    Sebenarnya berapa jarak antara water heater dengan torn air untuk mendapatkan tekanan air 0.2 bar?

    BalasHapus
  11. Yth Bapak Ceng Bahar,
    Saya menggunakan PALOMA tipe yang sama - pemanas bekerja baik ; hanya saja dengan pengaturan suhu minimum (warm) dan asupan gas minimum suhu yang dihasilkan masih terlalu panas - gimana ya Pak agar suhu yang dihasilkan bisa dikurangi lagi ? Mohon sarannya - terima kasih

    BalasHapus
  12. Tambahkan stop kran kecil u/ gas / angin pada slang gas LPG yg dekat dengan unit heater, dengan begitu debit gas yg masuk ke unit dapat kita sesuaikan lagi. Gunakan stop kran dengan mutu yg bagus, saya memakai yg made in korea dgn harga 40rb an. Saya sudah mencobanya, dan berhasil. Semoga bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih Pak Donny - tips nya berhasil ! dengan menambahkan stop kran gas untuk mengurangi asupan gas sehingga suhu air sesuai dengan yang diinginkan...matur nuwun

      Hapus
    2. Stop kran bentuk nya seperti apa dan beli dimana ya,pak Donny. Posisi sy di surabaya. Sudah 1 bulan ini paloma sy apinya ga nyala

      Hapus
    3. kok repot repot amat yah... bukannya kalau bedthub itu ada kran panas dan dinginnnya.. diatur panas air nya dari situ

      Hapus
  13. selamat pagi pak,
    saya mau tanya,pemanas air saya waktu air dialirkan apinya menyala sebentar setelah itu mati lagi.
    sudah saya bongkar dan saya bersihkan semua tapi tetap saja seperti itu,kira kira permasalahannya dimana?
    terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Amiludin Azis,
      kemungkinan besar permasalahnnya pada asupan gas yang tidak lancar sehingga apinya mati, untuk kasus seperti ini biasanya saya coba perbaiki dengan memindahkan tabung gas dan menggoyang2kan selang Gas atau memukul2 selang gas dengan kayu. mungkin bisa dicoba oleh Pak Azis, semoga berhasil

      Hapus
  14. Yth ceng_bahar
    Water heater sy hanya bisa menyala sebentar kemudian mati. Kalau api di setting max, baru bisa nyala terus. Regulator udah sy ganti yang tanpa pelor. Selang gas sekitar 7 meter, saya gulung karena kepanjangan.

    Mohon sarannya pak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan besar permasalahnnya pada asupan gas yang tidak lancar sehingga apinya mati, untuk kasus seperti ini biasanya saya coba perbaiki dengan memindahkan tabung gas dan menggoyang2kan selang Gas atau memukul2 selang gas dengan kayu.
      bisa jadi juga karena selang gas yang terlalu panjang dan posisi selang yang digulung sehingga aliran gas sedikit terhambat. Saran saya selang gas dipotong sesuai dengan kebutuhan saja, tidak terlalu panjang tidak terlalu pendek juga. Semoga berhasil

      Hapus
  15. Slmat siang pak, mohon info alamat service water heater paloma di surabaya, keluhannya pemantiknya mati.

    terima kasih infonya.

    BalasHapus
  16. selamat siang pak,
    numpang tanya pak,adakah solusi nya menyalakan water heater paloma ( memakai gas ),tanpa memakai mesin pendorong.. jarak sumber air ( tinggi tangki air ) dengan water heater - + 4 meter.
    trims

    BalasHapus
  17. Ada tips untuk mbersihkan paloma. Yg suka bikin pompa air" macet" . Kemungkinan air flow nya sdikit krn adanya kotoran. Sehingga pemantik apinya tidak menyala. Trima kasih

    BalasHapus
  18. trima kasih pak.atas informasi nya ,,,,masalah saya mungkin terdapat di klan pembagi air panas dan dingin krn ketika air dingin di besar kan volume nya pemanas nya mati pak......mohon masalah nya di mana ya pak ? t,kasih


    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. apa kepala gas u tabung waterheater sama dengan u kompor?

    BalasHapus
  21. Mohon info kontak servis paloma di surabaya. Sudah 1 bulan ini apinya ga nyala. Sudah ganti baterai baru, sudah ketuk2 selang gas lpg. Selang pendek 1 meter saja. Sampai sekarang belum taw solusi nya. Tolong di bantu caranya

    BalasHapus
  22. Saya memakai paloma PH5RX dan setiap ganti tabung LPG 12 KG kadang bermasalah (mati), sampai lebih 3 kali gonta ganti regulator (yang saya kira rusak) dan pemakaian sudah 2 tahun lebih.Setelah membaca tips dari pak Ceng Bahar dengan memposisikan sementara pipa gas vertikal (panjang 3 M) dan ketok halus di ujung regulator dan ujung pipa mesin...wuush api menyala normal. Posisi pengatur suhu di angka 2 dan asupan gas mentok ke kiri. Terima kasih banyak infonya pak... :)

    BalasHapus
  23. Mohon maaf numpang tanya, pemanas paloma ini dengan tabung gas 12 kg perlu diganti berapa lama sekali? Dgn asumsi satu hari sekitar 1 jam pemakaian

    BalasHapus
  24. Paloma saya jg lg macet gak mau nyala dah 1 minggu....gejalanya sama pemantik nyala tp gak bisa nyala....dah ganti batere msh gak nyala....strainer dah dibersihin biar gak ada lumut yg nyangkut tp msh jg gak mau nyala

    BalasHapus
  25. Paloma saya jg lg macet gak mau nyala dah 1 minggu....gejalanya sama pemantik nyala tp gak bisa nyala....dah ganti batere msh gak nyala....strainer dah dibersihin biar gak ada lumut yg nyangkut tp msh jg gak mau nyala

    BalasHapus
  26. Paloma sy sdh 5 th, letak tabung di luar ruangan 2 m di bawah mesin, panjang slang 2 m, air diambil dg mesin pompa dr tandon yg terletak di bawah, jarak tandon dg mesin 7 m.
    Beberapa hari mengalami masalah yi : sekali buka kran tdk bisa nyala tapi harus beberapa kali ( 5 s/d. 10 x) baru bisa menyala. Padahal slang sdh sy lepas sbentar utk mengeluarkan angin (masuk angin), regulator dan baterai sdh diganti, stelan panas sdh sy coba rubanh-rubah. Biasanya klo tdk mau menyala masalahnya cuma masuk angin saja tapi untuk kali ini demikian adanya.... tlg solusinya...!!

    BalasHapus
  27. Untuk paloma bisa nggak dipakai dengan gas alam,saya coba apinya nyala sbentar terus mati,apakah harus pakai gas LPG,mohon bantuanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Jumar,

      Sejauh yang saya ketahui bahwasanya Paloma ini hanya bisa digunakan dengan Gas LPG. untuk penggunaan gas alam saya belum pernah mencobanya.

      Hapus
  28. terimakasih banyaaaaaaaaaaaaak saya sangat ingin belajar

    BalasHapus
  29. Untuk menhasilkan tekanan air 0,2 psi, berapa meter ketiggian tandon airnya?

    *jika tekanan air terlalu besar, maka mesin pemanas akan mati

    BalasHapus
  30. Mantab dah triknya ...
    solusi ini pas bgt dengan debit air rumah saya yg kecil:
    "3. Pastikan level suhu pada posisi tengah terlebih dahulu (jangan level hot) karena air pada level Hot keluarnya kecil dikhawatirkan tidak memicu mesin pemantik yang berada didalam mesin pemanas air."

    Matur Tq, pak Ceng :)
    --
    ~Yogi~

    BalasHapus
  31. pak, sy mau tanya kenapa suhu nya mau warm ataupun max sama aja, sama2 panas maksimum yg dihasilkan? solusinya gimana?

    BalasHapus
  32. untuk gas nya sudah bisa kok di modifikasi pakai gas alam..

    BalasHapus
  33. pertama sy pasang sendiri heater paloma yg menggunkan gas alam (bukan gas LPG), sekses tanpa ada kendala sedikipun, dan sampai skarang (pemakaian sudah 1 tahun) tidak ada masalah, nah .... yg kedua kalinya sy mencoba memasang sendiri lagi dg menggunakan paloma 5RX yg menggunakan gas LPG, smua terpasang sempurna seperti pengalaman pertama sy memasang, tp hasilnya tidak seperti yg sy bayangkan, haeter tidak berfungsi (pemantik api jalan normal tp gas sepertinya tidak keluar) sehinga air tidak panas sedikipun, sy jadi bingung, knp bisa seperti ini, smua percoban perbaikan (seperti yg pernah dijelaskan diobrolan diatas) sudah sy lakukan tetapi tetap tidak membuahkan hasil. Menurut sy, ini seperti gas tidak keluar ke tungku pemanas, mohon pencerahannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lain pak utk water heater gas alam/bumi (LNG) dan gas tabung elpiji (LPG) krn beda di mata jet/spuyer water heater tsb. Mata jet yg LNG akan bth lbh besar krn tekanan gas bumi lbh rendah/kecil drp gas LPG tabung. Krn itu dlm memilih dan membeli water heater jgn sampai salah jenisnya tergantung gas yg dipakai. Rata eata yg lbh umum mmg yg gas LPG/gas tabung.

      Hapus
  34. kalau lampu baterai ga nyala kira2 masalahnya apa ya om? padahal baterai udh diganti, tetap ga bs. akibatnya api ga nyala. mohon solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah tekanan airnya cukup? bisa jadi jika tekanan airnya kurang maka mesin tidak bisa menyala. Indikator batere tidak menyala bukan merupakan satu-satunya penyebab mesin tidak menyala (terkadang ada mesin yang indikatornya tidak menyala tapi mesin pemanas air berfungsi).

      Saran: cek kembali tekanan airnya, bisa jadi ada penyumbatan pada bagian masukan air (karena didalamnya ada filter)

      semoga membantu

      Hapus
  35. berapa ketinggian bak penampungan air/torn, agar deras air mencapai 0,2 bar? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. tinggi tower air 10 mtr akan equivalen dengan tekanan 1 bar, dengan interpolasi, 0,2 bar kira kira dengan tinggi torn 2 meter

      Hapus
  36. mohon pencerahannya,saya beli paloma baru asupan air cukup tinggi (dorongannya) gas LPG baru jarak LPG ke water Heater kurang lebih 5 m..
    permasalahannya pamatik nyala, tp tidak ada respon apinya nyala..
    mohon solusinya?
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya tombol bulat yang ditengah (tombol pengatur suhu) belum ditekan kedalam. coba tekan kedalam (seperti sakelar On/Off)

      semoga berhasil

      Hapus
  37. Selamat sore...
    saya mau tanya, saya pakai gas water heater merk paloma, kl pagi dan sore agak susah panasnya karen air panasnya jarang dipakai, dan pada saat akan menggunakan selalu hidup LED warna merah d sbelah tulisan orifice cleaner, dan jika akan menggunakan air hangat harus membuka kran air panas selamat 30-45 menit samapai LED mati. padahal sblm2nya tdk spt itu. ini kenapa ya pak? mohon bantuan pencerahannya.... terima kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat sore juga nuki18, biasanya kasus tersebut terjadi disebabkan oleh baterai yang sudah lemah.coba di cek kembali baterainya (bisa jadi pemasangannya tidak pas) atau baterai memang sudah benar2 lemah.
      solusinya ganti dengan baterai baru.
      selain itu cek juga aliran air yang masuk...apakah cukup kuat tekanannya atau tidak? bisa jadi mesin pemanas tidak menyala karena tekanan air yang masuk kurang besar.

      demikian informasi yang bisa saya sampaikan...semoga bermanfaat...selamat mencoba

      Hapus
  38. saya juga lagi mau membeli nih ceng Bahar semoga nanti instalasinya berhasil amiin..

    BalasHapus
  39. Cara menaikkan tekanan air tanpa tambahan pompa pendorong.

    https://www.google.co.id/amp/s/balekreatif.wordpress.com/2012/10/05/gunakan-pipa-paralon-besar-mandi-dan-cuci-motorpun-jadi-menyenangkan/amp/

    BalasHapus
  40. Selamat malam pak saya mau nanya, awalnya tabung gas saya habis, setelah 2 hari saya baru beli tabung gas lalu pas saya pasang lagi air panasnya tidak menyala pak,saya udah check dari selang agar tidak terjadi kebocoran terus pemantik nyala cuma sebentar pak abis itu mati itu karena apa ya pak?

    BalasHapus
  41. Selamat siang
    yg ingin sy tanyakan apakah pemantik api berfungsi setelah ada aliran air atau ada aliran gas
    terima kasih

    BalasHapus
  42. mo tanya WH saya udah beli sekitar 2 tahun tapi belum pernah dipake karena tukangnya gak bisa pasang. sekarang baru mo dipake e tukangnya bilang WH udah rusak karena apinya tidak menyala dan airnya tidak panas. apa ya masalahnya, terus gimana cara chek rusak tidaknya WH saya. mohon solusinya Trims.

    BalasHapus
  43. Mau tanya fungsi orifice cleaner itu digunakan kapan pak????

    BalasHapus